Buku Matematika SD Kelas VI ini dirancang untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang berharga di mana siswa terlibat aktif dari awal dengan bereksplorasi dan mengapresiasi matematika yang muncul dalam kehidupan nyata. Buku ini disusun untuk memenuhi Capaian Pembelajaran Fase C untuk Kelas VI SD dan selaras dengan elemen dari Profil Pelajar Pancasila, serta merefleksikan pengembangan keterampilan abad ke-21.
Topik pembahasan dalam buku ini mencakup bilangan pecahan dan desimal, rasio, kubus, balok, serta peluang. Selain pemahaman konsep matematika dan keterampilan memecahkan masalah, buku ini juga menekankan penalaran matematis serta kemampuan mengomunikasikan ide-ide matematika.
Buku siswa ini berbasis kegiatan. Setiap bab dimulai dengan pembuka bab yang memberikan gambaran besar mengenai topik yang akan dipelajari. Melalui permasalahan eksplorasi yang kontekstual, siswa mencoba terlebih dahulu, baik secara mandiri maupun berkelompok, sebelum diarahkan kepada konsep utama dan contoh-contohnya. Pertanyaan diberikan untuk memancing siswa berpikir kritis dan kreatif, serta melakukan refleksi sepanjang proses pembelajaran.