Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas V ini disusun dengan penuh kesungguham dengan mengacu pada capaian pembelajaran yang telah mengalami penyempurnaan. Struktur penulisannya didesain untuk pembelajaran aktif dan interaktif. Buku ini juga mendorong agar siswa untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, atau memiliki kecakapan dan ketrampilan abad 21 yaitu Critical Thinking and Problem Solving Creativity, Communication Skill, dan Collaboratively. Selain itu buku ini mengarahkan peserta didik untuk menampilkan diri sebagai pelajar Pancasila yang berwawasan kebangsaan serta memiliki keterbukaan dalam menghadapi perbedaan.
Buku ini juga diberikan aktivitas yang mendorong siswa untuk berfikir tingkat tinggi (HOTS) dengan menampilkan contoh-contoh yang kontekstual. Buku yang sederhana ini juga menuntun peserta didik agar memiliki budaya baca tulis (literasi), sehingga mampu menangkal berita-berita yang tidak sesuai dengan kenyataan.
Dengan semangat nilai-nilai tersebut diharapkan suatu saat nanti anak-anak akan menjadi generasi emas yang memiliki integritas yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Tak hanya itu diharapkan mereka menjadi duta kedamaian, keteladanan, berakhlak mulia, serta memiliki ketrampilan hidup sehingga mampu bersaing dengan bangsa-bangsa di dunia.