Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000, dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100, dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar dan pola bilangan. Mereka dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan antar pecahan, serta dapat mengenali pecahan senilai. Mereka dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal, dan dapat menghubungkan pecahan desimal dan perseratusan dengan persen. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan buku berupa bilangan cacah. Mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dan satu cara atau lebih jika memungkinkan. Mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk diagram gambar (pictogram), dan diagram batang (skala satu satuan).
Strategi pembelajaran yang digunakan dalam buku Matematika kelas IV ini adalah mengikuti karakteristik dari pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual memungkinkan peserta didik untuk lebih mandiri, bernalar kritis dan kreatif sesuai ciri Profil Pelajar Pancasila. Komponen pembelajaran kontekstual meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan outhentic assesment. Berdasarkan materi dan strategi yang digunakan, buku ini lebih menekankan pembelajaran bermakna dan berkarakter.
Kelebihan pada buku ini adalah percakapan antara guru dan peserta didik seperti komik sehingga peserta didik tidak jenuh dalam memahami materi. Dalam setiap bab disajikan menganalisis masalah, menentukan strategi penyelesaian, dan menumbuhkan daya nalar kritis.