Pendidikan dan instrumen pendukungnya dituntut menyajikan kecakapan dan pemahaman keberagamaan yang komprehensif untuk menumbuhkembangkan potensi peserta didik ranah afektif (sikap spiritual dan sosial), kognitif (pengetahuan), dan psikomotoriknya (keterampilannya) agar menjadi manusia yang sukses dan berakhlak mulia dengan tetap memperhatikan dan menekankan kebutuhan kependidikan masa kini dan masa depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tercinta.
Buku ini menampilkan wajah Islam yang ramah dan elegan sesuai dengan yang diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW., yaitu wajah Islam yang menebar kasih sayang (ramah) ke segala penjuru alam. Islam yang menjabarkan tiga unsur pokok agama yaitu iman (tauhid), Islam (syari’at), dan Ihsan (akhlak) yang tersajikan menjadi 5 elemen atau aspek meliputi aspek Al-Qur’an hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam dan tersajikan menjadi 10 (sepuluh) bab dengan Profil Pelajar Pancasila terintegrasi penyajiannya ke dalam sepuluh bab tersebut.
Desain materi dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini diupayakan sesempurna mungkin karena memuat fakta, konsep, prosedur, dan metakoknitif agar peserta didik memperoleh pengetahuan yang utuh. Pengetahuan yang utuh adalah keniscayaan agar tidak terjadi ketimpangan pengetahuan. Ketimpangan pengetahuan dapat disebabkan oleh pembelajaran yang tidak tuntas. Karena itu, membaca dan mempelajari buku ini harus tuntas agar memperoleh pengalaman pembelajaran yang mumpuni dan komprehensif untuk bekal hidup di dunia dan akhirat.